PEER REVIEW POLICY

Publikasi artikel pada SATESI (Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi) bergantung pada validitas dan koherensi ilmiah yang dinilai oleh Dewan Editor dan Dewan Reviewer, yang akan menilai apakah tulisan tersebut komprehensif dan apakah karya tersebut merupakan karya ilmiah dan kontribusi yang bermanfaat bagi para peneliti berikutnya. SATESI (Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi) menghargai upaya dan saran yang diberikan oleh Dewan Reviewer.

Evaluasi Awal Naskah
Dewan Editor terlebih dahulu akan mengevaluasi semua naskah yang dikirimkan. Meski jarang, naskah yang luar biasa layak diterima pada tahap ini. Mereka yang ditolak pada tahap ini tidak cukup orisinal, memiliki cacat ilmiah yang serius, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup SATESI: Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi. Mereka yang memenuhi kriteria minimum diteruskan ke ahli untuk ditinjau.

Jenis Ulasan
Naskah yang dikirimkan umumnya akan ditinjau oleh dua sampai tiga ahli yang akan diminta untuk mengevaluasi apakah naskah tersebut secara ilmiah masuk akal dan koheren, apakah menduplikasi karya yang sudah diterbitkan, dan apakah naskah cukup jelas untuk diterbitkan atau tidak. Metode Tinjauan yang digunakan adalah double-blind.

Keputusan Akhir
Editor bertanggung jawab atas keputusan akhir untuk menerima atau menolak naskah. Editor akan membuat keputusan berdasarkan laporan dan berkonsultasi dengan anggota Dewan Editorial. Keputusan editor adalah bersifat final.